Kenapa Manusia Harus Dididik

 Kenapa Manusia Harus Dididik?

Nama : Femi Apriyeni

Npm.  :202114500194

Kelas.  : R1B Pendidikan Ekonomi


A. Pengertian pendidikan

    Istilah pendidik mengandung makna sangat luas,karena pendidik bisa menyangkut banyak orang termasuk diantaranya orang tua, guru, dan bahkan Langeveld berpendapat bahwa semua anggota masyarakat yang telah dewasa menyandang tugas mendidik.

 beberapa asumsi yang memungkinkan manusia harus belajar dan memperoleh pendidikan yaitu :

A. Manusia di lahir kan dalam keadaan tidak berdaya.Manusia begitu lahir ke dunia,membutuhkan uluran tangan orang lain (ibu dan ayah) untuk dapat melangsungkan hidup dan kehidupannya.

B. Manusia tidak langsung dewasa.Untuk mencapai kedewasaan yang merupakan tujuan pendidikan dalam arti khusus,memerlukan waktu yang lama. Pada manusia primitif mungkin khusus untuk kedewasaan tersebut akan lebih pendek dibandingkan dengan manusia modern sekarang ini.Pada manusia primitif cukup dengan mencapai kedewasaan secara konvensional,yaitu ketika seseorang sudah memiliki keterampilan untuk hidup, berkeluarga, seperti dapat berburu,dapat bercocok tanam, mengenal nilai-nilai atau norma-norma hidup bermasyarakat,sudah dapat di katakan dewasa.Pada masyarakat modern kedewasaan lebih kompleks,sesuai dengan semakin kompleksnya ilmu pengetahuan dan teknologi, dan juga semakin kompleksnya sistem nilai.

Untuk mengarungi kehidupan dewasa ,manusia perlu mempersiapkan,lebih-lebih pada masyarakat modern.bekal tersebut dapat diperoleh dari pendidikan, dimana orang tua dan generasi tua akan mewariskan pengetahuan,nilai-nilai,serta keterampilannya kepada anak-anak atau pada generasi berikutnya.

C.Manusia merupakan makhluk yang dapat didik, memungkinkan untuk memperoleh pendidikan. Manusia merupakan makhluk yang harus dididik,karena manusia lahir dalam keadaan tidak berdaya,lahir tidak langsung dewasa.Manusia adalah makhluk sosial yang berinteraksi dengan sesamanya.

-Manusia memerlukan pendidikan untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya dalam bertahan hidup.

-Manusia perlu dididik agar dapat menilai sesuatu baik atau buruk atau berguna atau tidaknya suatu hal tersebut dalam mensejahterakan kehidupannya.

-Manusia perlu dididik agar dapat memanfaatkan segala sesuatu yang berada di lingkungannya secara efektif untuk bertahan hidup.

-Manusia perlu dididik agar dapat mengutarakan ekspresinya dengan benar

-Manusia perlu dididik agar dapat berkomunikasi dengan sekitarnya secara baik.

B. Pengertian Ilmu Pendidikan

       Ilmu Pendidikan adalah dua kata yang dipadukan, yakni Ilmu dan Pendidikan yang masing-masing memiliki arti dan makna tersendiri. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka disebutkan, bahwa Ilmu adalah Pengetahuan tentang sesuatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu.

       Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka menjelaskan, bahwa kata Pendidikan berasal dari kata dasar didik, yang artinya memelihara dan memberi latihan (ajaran, tuntunan, pimpinan) mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran. Sedangkan arti dari Pendidikan adalah Proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan,  proses, cara, dan perbuatan mendidik.


C. Apa Perbedaan Pendidikan Dan Ilmu Pendidikan

~ PENDIDIKAN

     - berupa tindakan manusia.

     -Tindakan berupa usaha membimbing, melatih, dan mengajar sehingga dapat memposisikan keberadaan manusia  agar dapat berperan dalam praktik kependidikan.

     -Menurut UURI No.20 tahun 2003

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, kecerdasan, akhlak mulia, pengendalian diri, kepribadian, mampu mandiri,serta mampu menyesuaikan dengan lingkungan, masyarakat, bangsa dan negara

 ~ILMU PENDIDIKAN

- Berupa kajian atau teori.

-Merupakan kegiatan dan hasil analisis yang menghasilkan kesimpulan. Ilmu pendidikan juga mempelajari hal-hal yang timbul dalam praktik pendidikan.yang mempelajari hakikat serta keseluruhan upaya pendidikan dalam arti upaya pembimbingan bagi peserta didik ke arah tujuan tertentu, yaitu dalam rangka mengarahkan perkembangan peserta didik seoptimal mungkin


D. Tujuan Pendidikan

Tujuan Pendidikan bersifat normatif.Tujuan normatif artinya bahwa  tujuan pendidikan selalu mengandung  norma yang bersifat memaksa.kata memaksa di sini berarti, tidak bertentangan dengan perkembangan peserta didik,karna norma norma tersebut bisa di terima oleh masyarakat luas sebagai nilai-nilai yang terpuji.

Setiap kegiatan,apa pun bentuk dan jenisnya sadar atau tidak sadar selalu dihadapkan pada tujuan yang dicapai.bagaimanapun,segala usaha yang tidak mempunyai tujuan tidak akan mempunyai arti apa-apa.Dengan demikian tujuan merupakan faktor yang sangat penting dalam setiap kegiatan, termasuk kegiatan pendidikan.

Jadi itulah pembahasan dari tema Kenapa Manusia Harus Dididik.

Mohon maaf apabila ada kesalahan, sekian dari saya dan terimakasih 🙏

Komentar

  1. Awal yg cukup bagus,,,, jika isinya dipoles dengan bahasa yg menarik. dan tampilannya dipercantik. Maka blog ini akan punya ruh sendiri untuk enak dibaca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik pak, sebelumnya terimakasih atas masukannya 🙏 insyaallah nanti akan saya perbaikin lg dan membuat semenarik mungkin 🙏

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Martinus J. Langeveld & Pemikiran-Pemikirannya Mengenai Pendidikan