Martinus J. Langeveld & Pemikiran-Pemikirannya Mengenai Pendidikan

Nama   : Femi Apriyeni

Npm     : 202114500194

Kelas    : R1B pendidikan ekonomi

Matkul : Pengantar Pendidikan


 Martinus J. Langeveld & Pemikiran-Pemikirannya Mengenai Pendidikan 
 

Tokoh Pendidikan 

Martinus J. Langeveld 

Biografi Martinus J. Langeveld 

Kelahiran: 30 Oktober 1905, Haarlem, Belanda

Meninggal: 15 Desember 1989, Bussum, Belanda

Buku: Beknopte theoretische pedagogiek, Studien zur Anthropologie des Kindes,dll

Pendidikan: Universitas Amsterdam (1934).


Martinus J. Langeveld memperoleh gelar doktor dengan disertasi judul Taal en Denken di 12tot 14 jarige Leerlingen (Bahasa dan berpikir siswa dalam usia 12 sampai 14 tahun) padatahun 1934. Pada tahun 1939, iauntuk sebagai Ketua Pedagogi di UniversitasUtrecht. SampaiPerang Dunia II, pedagogi sebagian besar depan dengan persiapan guru dan pada tahun1946, pedagogi menjadi disiplin mandiri di Universitas Utrecht.

Salah satu teks Langeveld yang pagar penting adalah Beknopte Teoritis Pedagogiek(Pedagogi Teoritis Ringkas), di mana ia megembangkan suatu pedagogi fenomenologis. Karya iniditerbitkan dalam edisi 15 antara tahun 1946 dan 1979.

Langeveld menganalisis fenomena besarkan anak dan pengalaman pendidikan dengan memperhatikan dekat dengan situasi konkret dan umum dan acara dalam kehidupan anak-anak dan orang dewasa. Hal ini menyebabkan hasil yang luar biasa. Misalnya, dia menolak bahwaotoritas pedagogis harus hal baik dengan teori umum otoritas. Otoritas bukan hanya soal pilihanmoral, ini otoritas diperlukan karena anak-anak membutuhkan pedagogi untukkeberadaan mereka dan agar dapat tumbuh.


Isi Pemikiran Martinus J.Langeveld

๐Ÿ“ Langeveld mendefinisikan pendidikan adalah sebagai suatu bimbingan yang diberikan oleh orang dewasa kepada anak yang belum dewasa untuk mencapait ujuan, yaitu kedewasaan.

๐Ÿ“ Berkenaan dengan alat pendidikan Langeveld mengemukakan bahwa โ€œsuatua lat pendidikan hanyalah suatu tindakan/perbuatan atau situasi, yang dengan sengaja untuk menciptakan tujuan pendidikanโ€. Beliau mengelompokan

๐Ÿ“ lima jenis alat pendidikan, yaitu ; 

  •  perlindungan
  •  kesepahaman
  •  kesamaan arah dalam pikiran dan           perbuatan
  •  perasaan bersatu
  •  pendidikan karena kepentingan diri       sendiri.


๐Ÿ“ 6 Jenis Tujuan Pendidikan (M.J. LANGEVELD)

  1. Tujuan akhir (umum, universal, dan total), 
  2. Pengkhususan tujuan umum,
  3. Tujuan tak lengkap (sementara/dalam salah satu aspek kehidupan), 
  4. Tujuan incidental (menyangkut peristiwa khusus)
  5. Tujuan tentative (langkah yang ditempuh dalam mencapai tujuan umum)
  6. Tujuan intermedier (mediator tujuan pendidikan)
๐Ÿ“ Langeveld menganalisis fenomena membesarkan anak dan pengalaman pendidikan dengan memperhatikan dekat dengan situasi konkret dan umum dan peristiwa dalam kehidupan anak-anak dan orang dewasa. Hal ini menyebabkan hasil yang luar biasa. Misalnya, dia menolak bahwa otoritas pedagogis harus berkaitan dengan teori umum otoritas. Otoritas bukan hanya soal pilihan moral, melainkan otoritas diperlukan karena anak-anak membutuhkan pedagogi untuk keberadaan mereka dan agar dapat tumbuh.


๐Ÿ“– pemikiran Langeveld menjadi dampak besar dari Sekolah Kyoto secara keseluruhan. Bab ini berfokus pada karya teoritis Langeveld. Setelah pengenalan singkat tentang kehidupan dan pekerjaannya, pandangan Langeveld tentang subjeknya dijelaskan: pedagogi sebagai ilmu praktis. Kemudian teori pedagogiknya dan bagaimana kaitannya dengan antropologi dan psikologi perkembangan dijelaskan. Penggunaan khususnya metode fenomenologis diperiksa selanjutnya, menunjukkan bagaimana ini berhubungan dengan analisis situasi: analisis tentang apa yang harus dilakukan oleh mereka yang bertanggung jawab membesarkan anak.


๐Ÿ“Pandangan saya mengenai pemikiran nya pada penyelenggaraan pendidikan saat ini ialah suatu bimbingan yang di berikan oleh orang dewasa kepada anak yang belum dewasa agar bisa mengembangkan dirinya dan bisa mencapai perkembangan yang optimal Pendidikan yang ber upaya dalam membimbing manusia yang belum dewasa kearah kedewasaan. Pendidikan suatu usaha dalam menolong anak untuk melakukan tugas-tugas hidupnya, agar mandiri dan bertanggung jawab secara susila.agar tercapai nya tujuan,dan bisa dapat tumbuh berkembang dengan baik.


DAFTAR PUSTAKA

http://www.berkuliah.com/2014/11/siapa-sajakah-para-pahlawan-pendidikan-dunia-yang-mulai-terlupakan.html?m=1

https://id.scribd.com/document/342052376/Langeveld-Mengartikan-Pedagogic-Sebagai-Ilmu-Pendidikan

https://www.researchgate.net/publication/300210517_Martinus_Jan_Langeveld_Modern_Educationalist_of_Everyday_Upbringing













Komentar